Beranda

Minggu, 25 Oktober 2020

Paparan dan Segmentasi Pasar


1.     Kemampuan Wirausahawan Melakukan Paparan Deskriptif, Narasif, Argumentatif atau Persesif

Untuk menjadi seorang wirausahawan yang andal harus mampu memahami seluk beluk produk dan paparan deskriptif, narasif, argumentatif atau persesif tentang produknya. Kemampuan ini berkaitan dengan aktivitas promosi.

a.     Pengertian Deskriptif

Paragraf deskriptif adalah sebuah paragraf yang menggambarkan sebuah objek dengan tujuan agar para pembaca merasa seolah-olah melihat sendiri objek yang digambarkan itu. Paragraf deskripsi ini menggambarkan sesuatu dengan kata-kata secara jelas dan rinci

Jadi paparan deskriptif disini maksudnya adalah bahwa seorang wirausahawan hendaknya mampu menjelaskan secara rinci, jelas dan tepat mengenai produk yang dibuatnya yang akan di jual kepada konsumen.

b.    Pengertian Argumentasi

Argumentasi adalah sebuah paragraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan memaparkan pendapat, ulasan, pokok bahasan dan ide pribadi penulisnya. Dalam penulisan argumentasi  isi dapat berupa penjelasan, pembuktian, alasan, maupun ulasan objektif di mana disertakan contoh, analogi, dan sebab akibat.

Jadi paparan argumentatif maksudnya adalah seorang wirausahawan harus memiliki keahlian dalam memberikan penjelasan, pembuktian, alasan, maupun ulasanobjektif dimana disertakan contoh mengenai produknya

c.     Pengertian Naratif

Secara sederhana, paragraf dapat diartikan sebagai rangkaian kalimat yang disusun untuk menjelaskan sebuah ide pokok atau jenis karangan yang mengungkapkan suatu kisah, peristiwa, atau pengalaman pribadi berdasarkan urutan-urutan kejadian atau peristiwa.

Paparan narasi adalah salah satu jenis kemampuan wirausahawan dalam menjelaskan perkembangan usahanya dari waktu ke waktu dijabarkan dengan urutan awal, tengah dan akhir serta mampu menjelaskan produksinya.

d.    Pengertian Persuasif

Adalah paragraf yang bersifat mengajak pembaca untuk melakukan sesuatu yang ditulis penulis atau paragraf yang bertujuan untuk mempengaruhi, mengimbau, membujuk, atau merayu pembaca sehingga terpengaruh untuk mengikuti keinginan penulis

Dengan demikian paparan persuasif maksudnya adalah komunikasi yang bertujuan untuk mengubah atau mempengaruhi kepercayaan, sikap dan perilaku konsumen sehingga mampu dan tertarik dengan produknya

2.     Segmentasi Pasar

Setelah seorang wirausahawan mampu memahami dan memaparkan segala hal yang berlaitan dengan produknya selanjutnya seorang wirausahawan harus melakukan segmentasi atau pengelompokan pasar sebagai langkah dalam mempermudah dalam pemasaran produk.

a.     Pengertian Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah suatu cara dalam membagi suatu pasar yang sifatnya heterogen menjadi kelompok satuan pembeli yang bersifat homogen, yang selanjutnya dijadikan sebagai sasaran pemasaran produknya.

Pengertian Segmentasi Pasar Menurut beberapa Ahli

·         Kotler, Bowen dan Makens

Segmentasi pasar merupakan sekelompok pelanggan yang merupakan bagian dari pasar yang memiliki kebutuhan dan keinginan yang serupa.

·         Swastha dan Handoko

Segmentasi pasar ialah suatu aktivitas membagi–bagi market yang memiliki sifat heterogen kedalam satu-satuan market yang bersifat homogen.

·         Pride dan Ferrel

Segmentasi pasar yaitu suatu sistem membagi market ke segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang memperlihatkan terdapatnya kesamaan tingkah laku konsumen.

·         Saladin

Segementasi pasar yaitu sebuah proses pengelompokan pasar ke dalam kelompok para pembeli yang cukup potensial dengan kebutuhan yang sama atau juga karakteristik yang disukai serta memperlihatkan suatu hubungan yang sama pula.

b.    Alasan Melakukan Segmentasi Pasar

Beberapa alasan melakukan segmentasi pasar

1)     Makin banyaknya kompetitor/pesaing yang harus dihadapi produsen

2)     Membantu produsen menemukan segmen-segmen yang dapat dilayani secara baik dan maksimal.

3)     Meraih competitive advantages terhadap saingannya melalui diferensiasi produk

4)     Membuat pemasaran lebih mudah. Dalam arti, segmentasi memungkinkan bisnis untuk memenuhi kebutuhan kelompok pelanggan yang lebih kecil yang memiliki karakteristik yang sama.

5)     Menemukan ceruk pasar (niche market). Jenis pasar ini biasanya belum terlayani atau kurang terlayani. Dibandingkan dengan pasar utama, ceruk pasar memiliki tekanan kompetitif yang lebih kecil.

6)     Efisiensi. Dalam hal ini, perusahaan dapat memfokuskan sumber daya untuk melayani segmen terbaik. Tidak perlu membuang banyak energi dan sumber daya hanya untuk melayani yang tidak memberikan keuntungan maksimum.

c.     Tujuan Segmentasi Pasar

1)     Lebih mudah membedakan pasar

2)     Pelayanan konsumen menjadi lebih baik

3)     Strategi pemasaran lebih terarah

4)     Mengenal Kompetitor dengan Segmen yang sama

5)     Evaluasi Target dan Rencana Bisnis

d.    Manfaat Segmentasi Pasar

1)     Menyalurkan uang maupun usaha ke pasar potensial yang akan menguntungkan

2)     Dapat merencanakan produk dengan baik yang dapat memenuhi permintaan pasar

3)     Dapat menentukan cara promosi yang paling tepat

4)     Dapat memilih media advertensi yang baik dan menentukan bagaimana cara mengalokasikan secara lebih baik.

5)     Dapat mengatur waktu yang sebaik-baiknya dalam melakukan promosi

6)     Para penjual akan berada dalam posisi yang cukup baik untuk mengarahkan dan membandingkan kesempatan ataupun harapan dalam pemasaran sehingga dapat mempelajari keperluan setiap segmen.

7)     Para penjual dapat menggunakan wawasannya utnuk menanggapi usaha penawaran yang berbeda-beda sehingga dapat mengalokasikan anggotanya dengan lebih tepat terhadap berbagai segmen

8)     Penjual dapat mengatur lebih baik lagi produknya dengan cara pemasarannya.

Manfaat yang ingin didapatkan oleh perusahaan dengan adanya segmentasi pasar, diantaranya adalah:

·         Perusahaan memiliki dan menerapkan ide pemasaran yang lebih terarah.

·         Perusahaan akan terbantu dalam hal pengaturan produk menjadi lebih baik.

·         Perusahaan mengetahui dan membandingkan peluang pasar baru.

·         Perusahaan dapat menyusun dan menggunakan budget yang ada secara efektif dan efisien.

·         Perusahaan akan terbantu dalam menciptakan daya tarik di bidang pemasaran.

·         Perusahaan akan berada pada situasi yang lebih menguntungkan di pasar.

e.     Syarat Segmentasi Pasar

1)     Dapat Diukur (Measurable),

pengelompokan pasar harus terukur, baik dalam besarnya, luasnya, serta daya beli konsumen pada segmen pasar tersebut.

2)     Dapat Dijangkau (Accessible),

segmentasi pasar juga harus bisa dilaksanakan. Dengan kata lain, strategi pemasaran yang dibuat dapat dilakukan dan dapat melayani segmen pasar dengan baik.

3)     Cukup Besar (Substantial),

pengelompokan pasar harus cukup besar sehingga dapat menguntungkan ketika dilayani oleh perusahaan.

4)     Dapat Dibedakan (Differentiable),

artinya segmen pasar yang dikelompokkan harus dapat dibedakan dengan jelas.

5)     Dapat Dilaksanakan (Actionable),

market segmentation harus dapat dilayani atau dijangkau oleh sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan.

f.     Differensiasi Produk

Diferensiasi produk adalah upaya untuk membedakan produk yang dimilikinya dari produk-produk pesaing dalam sebuah sifat yang membuatnya lebih spesial dan diinginkan.

Strategi diferensiasi dapat dilakukan melalui beberapa hal, antara lain :

1)     Produk, meliputi performance, fitur, desain dan estetika

2)     Service, meliputi kecepatan, kemudahan, delivery time, empati dan lainnya

3)     Saluran distribusi, meliputi bentuk distribusi, kemampuan penjualan dan lainya

4)     Sumber daya manusia, meliputi budaya kerja, skill dan lainnya

5)     Citra perusahaan, meliputi merek, logo, sosiasi karakter dan lainnya

g.    Langkah-langkah Mensegmentasi Pasar

1)     Segmentasi pasar

Mengidentifikasi serta membagi pasar menjadi beberapa kelompok segmen

2)     Penargetan pasar

Menyeleksi serta melakukan kegiatan evaluasi satu atau beberapa segmen yang dipilih

3)     Penempatan pasar

Menciptakan suatu penempatan produk yang sesuai dengan alam pikiran serta benak konsumen

h.     Dasar Segmentasi Pasar

1)     Demografis, yaitu dasar pengelompokan pasar berdasarkan demografis yang meliputi jenis kelamin, usia, pendidikan, penghasilan, pekerjaan, agama, ras, dan lain-lain.

2)     Geografis, yaitu dasar pengelompokan pasar berdasarkan aspek geografis yang meliputi lokasi atau daerah, wilayah, iklim, kepadatan penduduk, dan lainnya.

3)     Psikografis, yaitu dasar pengelompokan pasar berdasarkan ciri-ciri kepribadian, yang meliputi kepribadian, kelas sosial, dan gaya hidup.

 

Buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK Kelas XII, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2019

https://earringsiconic.blogspot.com/2019/09/memahami-paparan-deskriptifnaratifargum.html

http://www.awiracr.com/2020/10/paparan-deskriptif-naratif-argumentatif.html

https://sarjanaekonomi.co.id/pengertian-segmentasi-pasar-menurut-para-ahli

https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-segmentasi-pasar.html