Beranda

Senin, 04 Januari 2021

Aspek Pemasaran Produk

Pemasaran adalah sistem pertukaran. AMA mendefinisikan pemasaran sebagai kegiatan dan proses menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan dan menukar produk yang memiliki nilai di mata konsumen, klien, partner dan masyarakat umum.

Pemasaran dibuat untuk menjaga kepuasan konsumen

1.       Aspek-aspek yang dikenalkan dalam pemasaran

Orientasi dasar

a.       Orientasi pada produk

Orientasi produk (product orientation) adalah filosofi manajemen pemasaran dengan mengedepankan produk berkualitas untuk menghasilkan penjualan

b.      Orientasi pada penjualan

Produsen lebih mementingkan aspek penjualan, produsen lebih mementingkan promosi dari pada produk yang akan memenuhi konsumen. Jadi produsen akan menjual barang yang sudah ada dan memberikan promosi yang menarik agar konsumen mau membeli dengan harga tinggi.

c.       Orientasi pada Produksi

Produsen memproduksi suatu produk dalam jumlah yang besar, hal ini dilakukan jika produsen benar-benar yakin bahwa produknya mampu menyerap banyak permintaan dari konsumen.

d.      Orientasi pada Pemasaran

Orientasi pemasaran adalah mensuplai produk yang kiranya dapat menjadi kebutuhan konsumen

e.      Orientasi pada Konsumen

Mengikuti selera konsumen, menciptakan produk yang dibeli dan dibutuhkan konsumen

f.        Orientasi pada Usaha

Bagian pemasaran dianggap sebagai bagian terpenting dalam wirausaha, informasi bagian pemasaran merupakan panduan bagi bagian lain dalam usaha

g.       Kerjasama yang Menguntungkan

Artinya dalam transaksi pasar produsen mendapatkan biaya kembali dan keuntungan sedang konsumen mendaoat barang atau jasa yang diinginkan

2.       Elemen dalam Pemasaran Produk

Marketing Mix atau bauran pemasaran adalah strategi pemasaran yang dapat menentukan kesuksesan perusahaan dalam mengejar profit atau keuntungan maksimal.

Marketing mix 4P memiliki empat konsep, yaitu product, place, price, dan promotion. Pada marketing mix 4P, empat konsep yang digunakan terkesan product oriented saja

4 Rumusan elemen marketing mix :

a.       Produk (Products)

Secara teori, produk merupakan segala bentuk hasil usaha  yang ditawarkan ke pasar untuk digunakan atau dikonsumsi sehingga bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat. Jika ingin sukses menjalankan strategi marketing mix, maka harus dapat membuat dan menghasilkan produk atau jasa dengan kualitas dan keunikan tersendiri. Dengan begitu, produk atau jasa secara otomatis dapat meningkatkan daya saing di pasaran.

b.      Harga (Price)

Harga yang dimaksud adalah sejumlah uang yang harus dibayar oleh user atau klien untuk mendapatkan produk yang ditawarkan. Dengan kata lain, seseorang akan menggunakan jasa atau membeli produk yang ditawarkan, jika pengorbanan yang dikeluarkan (yaitu uang dan waktu) sesuai dengan manfaat yang ia ingin dapatkan dari produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

c.       Tempat (Place)

Konsep ini berfokus pada tempat atau lokasi di mana perusahaan berdiri. Di mana, semakin strategis tempat bisnis, semakin besar juga keuntungan yang akan didapatkan perusahaan. Dengan lokasi yang strategis, konsumen atau calon pelanggan dapat lebih mudah menemukan dan menjangkau bisnis, sehingga transaksi penjualan lebih mudah terjadi.

d.      Promosi (Promotions)

Strategi marketing mix ini berfokus pada masalah promosi bisnis, seperti bagaimana cara memasarkan produk, media apa yang digunakan, dan sebagainya.

Dalam perkemabangannya  dikenal konsep 7P. Strategi ini menggunakan semua alat pemasaran dalam perusahaan, yaitu products, price, promotions, place, people, process, dan physical evidence.

3.       Lingkungan Pemasaran

Lingkungan pemasaran adalah lingkungan perusahaan yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran. Lingkungan pemasaran suatu wirausaha terdiri dari :

a.       Lingkungan Mikro Pemasaran

Lingkungan Mikro Pemasaran merupakan pelaku yang dekat dengan perusahaan dan memengaruhi kemampuan perusahaan untuk melayani pelanggannya. Lingkungan mikro pemasaran terdiri dari: perusahaan, pemasok, perantara pemasaran, pasar pelanggan, pesaing, dan masyarakat.

b.      Lingkungan Makro Pemasaran

Lingkungan Makro pemasaran merupakan kekuatan sosial yang lebih besar yang memengaruhi lingkungan mikro pemasaran. Lingkungan makro pemasaran terdiri dari: Lingkungan demografis, ekonomi, alam, teknologi, politik, dan budaya.

Buku Produk Kreatif dan Kewirausahan XII SMK/MAK, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2019

https://id.wikipedia.org/wiki/Lingkungan_pemasaran

https://www.jurnal.id/id/blog/2018-mengenal-7-konsep-mix-marketing-dalam-perusahaan-jasa/