Beranda

Minggu, 17 Januari 2021

Startegi Pemasaran 2

 1.      Posisi Bersaing Usaha Produk

a.       Dominan

Wirausahawan mampu mengendalikan pesaing yang lain dan memiliki bamyak pilihan dalam strategi pemasaran

b.      Kuat (Strong)

Wirausahawan mampu bertindak bebas tanpa mebahayakan posisi jangka panjang

c.       Baik

Wirausahawan memiliki kekuatan yang bisa dimanfaatkan dalam strategi tertentu serta mempunyai peluang di atas rata-rata yang lain

d.      Sedang

Prestasi cukup memuaskan namun sering kalah dalam persaingan dengan usaha lain

e.       Lemah

Wirausahawan tidak memuaskan, namun masih memiliki peluang perbaikan.

f.       Tidak Ada Harapan

Wirausahawan tidak memuakan dan tidak memiliki peluang perbaikan.i

2.      Faktor Utama Perubahan Stragtegi Pemasaran

a.       Siklus Daur Hidup Produk

Berwujud tahap-tahap : perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan dan kemunduran

b.      Tingkat Persaingan Usaha di Pasar

Menempatkan usaha pada posisi sebagai pemimpin, penantang, pengikut atau berperan kecil dalam persaingan

c.       Keadaan Ekonomi

Disesuaikan dengan situasi ekonomi serta pandangan ke depan pada keadaan krisis ekonomi, inflasi tinggi atau kondisi makmur.

3.      Rencana-Rencana Pemasaran Produk

a.       Pengertian, Manfaat dan Peranan Perencanaan Pemasaran Produk

Rencana Pemasaran Produk adalah sebuah rumusan usaha yang akan dilaksanakan dalam bidang pemasaran dengan memakai sumber daya yang ada agar mampu mencapai tujuan dan sasaran yang diharapkan di masa mendatang.

Atau dapat juga didefinisakan sebagai aktivitas melaksanakan rumusan usaha-usaha yang akan datang untuk mencapai tujuan dan sasaran yang diharapkan di bidang pemasaran.

Manfaat perencanaan pemasaran :

-          Mendorong cara berpikir jauh ke depan.

-          Mengkoordinasi kegiatan pemasaran secara lebih baik.

-          Mengawasi kegiatan pemasaran yang telah dilakukan yang didasarkan atas standar prestasi kerja yang ditetapkan dalam rencana.

-          Perumusan tentang tujuan yang ingin dicapai dan kebijakan operasional yang dapat dilakukan secara lebih mantap.

-          Langkah menggairahkan partisipasi dan mempertebal rasa tanggung jawab para pelaksana.

Peranan perencanaan pemasaran :

-          Menyeimbangkan dan menyelaraskan kegiatan pemasaran yang dapat menjamin tercapainya tujuan dan sasaran.

-          Menggunakan cara-cara berusaha di bidang pemasaran secara intensif dan optimal.

-          Menjamin keselarasan dan keserasian antara bagian yang terdapat dalam perusahaan dalam usaha pencapaian tujuan dan sasaran perusahaan.

-          Pengendalian yang cepat, tepat, dan teratur atas catatan, gagasan atau pemikiran dan usaha-usaha atau kegiatan pemasaran dalam perusahaan.

b.      Mcam-macam Perencanaan Pemasaran

Terdapat beberapa macam perencanaan pemasaran,:

1.         Perencanaan Pasar yang Strategis (Strategic Market Planning).

Perencanaan ini berkaitan dengan perencanaan usaha perusahaan (business planning), ke arah mana usaha akan dikembangkan. Untuk melakukan perencanaan pasar yang strategis perlu dikaji:

-          Langganan (customers) yang akan dilayani

-          Pesaing (competitiors) yang harus dihadapi.

-          Trend lingkungan (environmental trends) yang ada, meliputi sosial ekonomi, politik, dan teknologi yang mempengaruhi pasar yang diramalkan.

-          Ciri pasar yang ada untuk mengetahui perubahan yang terdapat dan interaksinya.

-          Ciri perusahaan (internal company characteristions), bagi penilaian kemampuan sumber daya yang ada dalam perusahaan.

2.         Perencanaan Strategis Pemasaran Perusahaan (Corporate Marketing Planning). Perencanaan ini merupakan perencanaan jangka panjang yang bersifat menyeluruh dan strategis, yang merumuskan berbagai strategi dan program pokok di bidang pemasaran perusahaan, yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dalam suatu jangka waktu tertentu. Dalam melakukan perencanaan ini, dilaksanakan:

-          Analisis sumber daya dan lingkungan perusahan serta strategi acuan produk (product mix strategics).

-          Analisis situasi yang mencakup:

1)      analisis pasar dan segmentasinya

2)      analisis pasar, dan

3)      analisis produktivitas dan rentabilitas.

-          Penetapan strategi perusahaan dengan mempertimbangkan pasar dan produk, yang dapat berupa:

1)      Strategi Penetapan Pasar, untuk jenis produk yang lama dan pasar yang lama.

2)      Strategi Pengembangan Produk, untuk jenis produk yang baru dan pasar yang lama.

3)      Strategi Pengembangan Pasar, untuk jenis produk yang lama dan pasar yang lama.

4)      Strategi Diversifikasi, untuk jenis produk yang baru dan pasar yang baru.

3.         Perencanaan Pemasaran yang Strategis (Strategic Marketing Planning).

Perencanaan ini berkaitan dengan usaha untuk memasarkan produk perusahaan. Perencanaan ini mencakup strategi pemasaran yang terpadu. Yang dimaksud dengan acuan pemasaran (marketing mix), yaitu strategi produk, strategi harga, strategi distribusi, dan strategi promosi.

4.         Perencanaan Pemasaran yang Operasional (Operational Marketing Planning).

Perencanaan ini meupakan perencanan kegiatan pelaksanaan kegiatan pelaksanaan di bidang pemasaran yang rinci atas daerah/wilayah niaga, produk, dan waktu yang lebih pendek. Dalam perencanaan ini akan dicakup:

-          Rencana penjualan per daerah, per produk, per bulan.

-          Rencana penyaluran atau distribusi.

-          Rencana promosi per produksi, per daerah dan per bulan.

-          Rencana pendidikan dan pengembangan tenaga penjulan

-          Rencana penelitian dan pengembangan pasar.

-          Rencana penelitan dan pengembangan pasar.

-          Rencana kunjungan dan pembinaan langganan.

Untuk penyusunan rencana pemasaran yang oprasional perlu didahului dengan analisis atas:

-          Kemampuan masing-masing unit pelaksanaan pemasaran.

-          Target penjualan per unit pelaksana pemasaran.

-          Situasi dan kondisi pasar dari unit plaksana pemasaran tersebut, dan

-          Besarnya dana anggaran yang disediakan untuk unit perlaksanaan pemasaran tersebut.

5.         Perencanaan Pemasaran Produk Baru (Planning Of Launching of New Product).

Perencanaan ini merupakan perencanaan kegiatan pelaksanaan memasarkan produk baru. dalam perencanaan ini tercakup sasaran pasar yang dituju, kegiatan pengujian pasar (market test), meramalkan potensi pasar dan mmemperkirakan target penjualan, serta penetapan sumber daya yang dibutuhkan.

Didalam praktik, sering ditemui empat macam bentuk hasil kegiatan perencanaan pemasaran. Keempat bentuk tersebut adalah:

1.         Target Pemasaran, yaitu penetapan suatu ukuran tertentu sebagai sasaran yang akan dicapai dalam jangka waktu tertentu di masa yang akan datang. Target pemasaran dapatberupa jumlah penjualan dalam unit atau rupiah, share pasar atau laba.

2.         Rencana Pemasaran, yaitu rumusan tentang apa yang ingim dicapai dan bagaimana cara mencapainya, yang terdiri dari kegiatan yang akan dilakukan untuk pencapaian tujuan di bidang pemasaran.

3.         Program Pemasaran, yaitu rumusan tentang rincian langkah kegiatan yang telah ditetapkan dalam rencana pemasaran dengan menekankan pada tahap-tahap pelaksanaan yang dikaitkan atas waktu, tempat/daerah, dan oleh siapa pelaksanaannya dilakukan.

4.         Anggaran Pemasaran, yaitu rincian langkah kegiatan yang akan dilaksanakan dalam bidang pemasaran dan pernyataan tujuan apa yang ingin dicapai yang dinyatakan dalam nilai uang (rupiah).

 

 

Buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK XII, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2019

https://kasfiafriani.wordpress.com/2016/09/29/pengertian-dan-perencanaan-pemasaran/