Beranda

Sabtu, 31 Oktober 2020

Promosi Produk

1.    Pengertian Promosi Produk

Promosi produk adalah suatu usaha dari para marketing atau pemasar untuk mempengaruhi orang atau pihak lain supaya menjadi tertarik untuk bertransaksi atau melakukan pembelian produk barang atau jasa yang dipasarkannya.

Menurut Wikipedia, promosi adalah mengiklankan suatu produk atau merek, menghasilkan penjualan, dan menciptakan loyalitas merek atau brand. Ini adalah salah satu dari empat elemen dasar bauran pemasaran, yang mencakup empat P : price, product, promotion, and place atau harga, produk, promosi, dan tempat.

Sedangkan menurut Wikipedia Indonesia, pengertian promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya..

Kalau menurut ahli pemasaran Harper Boyd : promosi diartikan sebagai upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan.

Menurut pakar pemasaran lainnya yaitu Boone dan Kurtz, promosi adalah proses menginformasikan, membujuk, dan mempengaruhi suatu keputusan pembelian.

Sebenarnya ada banyak sekali versi pengertian promosi yang dikemukakan oleh para ahli pemasaran diseluruh dunia, tetapi kesimpulannya kurang lebih sama, yaitu promosi adalah untuk memberitahukan, menginformasikan, menawarkan, membujuk, atau menyebarluaskan suatu produk atau jasa kepada calon konsumen dengan tujuan agar calon konsumen tersebut pada akhirnya dapat melakukan pembelian.

2.   

Tujuan Promosi
  1. Sebagai media informasi produk kepada target pasar potensial/konsumen
  2. Untuk meningkatkan kenaikan angka penjualan dan profit
  3. Untuk memperoleh pelanggan baru serta menjaga kesetiaan pelanggan
  4. Sebagai penjaga kestabilan penjualan pada saat pasar lesu
  5. Sarana mengunggulkan produknya dibanding produk pesaing
  6. Sebagai pembentuk citra produk positif di mata konsumen
  7. Untuk merubah tingkah laku dan pendapat konsumen tentang suatu produk

3.    Fungsi Promosi Produk

a.    Memberikan Informasi

Promosi dilakukan untuk memperkenalkan produk kepada para konsumen dan juga menampilkan beberapa informasi yang bernilai berkaitan dengan produknya, merek, serta manfaat yang ada.

b.    Membujuk

Promosi yang dilakukan mampu membujuk para konsumen untuk mencoba produk yang ditawarkan

c.    Mengingatkan

Promosi yang dilakukan khusunya dalam bentuk iklan, akan membuat produk tetap segar dalam ingatan konsumen

d.    Menambah Nilai

Promosi yang dilakukan mampu memberikan nilai tambah penawaran, inovasi, penyempurnaan kualitas atau mengubah persepsi konsumen

4.    Jenis-jenis Promosi

Berikut jenis-jenis promosi menurut Kotler dan Armstrong:

a.    Advertising

Advertising atau periklanan yaitu presentasi non-pribadi dan promosi berbayar yang memiliki sponsor.

Jenis promosi ini sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Seperti ketika sedang menonton TV dan terdapat jeda acara, atau saat melihat papan iklan di dekat lampu merah.

b.    Personal Selling

Personal selling adalah promosi yang dilakukan dengan menggunakan sumber daya manusia. Tujuannya untuk membangun hubungan pelanggan yang lebih akrab dan terpercaya.

Biasanya, yang melakukan personal selling adalah wiraniaga, sales, agen, dan banyak lagi. 

c.    Sales Promotion

Sales promotion merupakan promosi jangka pendek yang bertujuan meningkatkan penjualan dengan cepat. Fungsinya untuk mendongkrak permintaan akan produk atau layanan tertentu.

Contoh : diskon, flash sale, dan penawaran singkat lainnya.

d.    Public Relation

Public relation adalah jenis promosi untuk menghasilkan publisitas yang baik dan memperkuat citra perusahaan. Promosi ini sering dilakukan dalam bentuk event, pemberitaan, kolaborasi dengan stakeholder, dan banyak lagi.

Menggunakan public relation, reputasi perusahaan akan meningkat. Dengan begitu, akan memperkuat kesadaran publik terhadap merek produk.

e.    Direct Marketing

Seperti namanya, direct marketing adalah pemasaran secara langsung. Artinya, promosi langsung dilakukan ke calon pelanggan dengan menggunakan saluran komunikasi. Bisa itu email, SMS, telepon, dan kanal lainnya.

Meski promosi dilakukan dari jauh, pengguna tetap bisa memberikan respon langsung kepada perusahaan.

5.    Strategi Promosi Produk

Strategi jitu dalam promosi produk antara lain sebagai berikut :

a.    Gunakan media sosial

b.    Adakan promo produk

c.    Bagi-bagi produk

d.    Mendata pelanggan/target market

e.    Berikan intensif untuk setiap rekomendasi

f.     Tampilkan produk di tempat yang tepat

g.    Lakukan kegiatan amal/CSR (Corporat Social Responsibility)

h.    Gunakan barang promosi

i.      Susun acara untuk mengapresiasi pelanggan

j.      Bentuk komunitas

k.    Gandeng publik figur

l.      Lakukan survey pembeli setelah penjualan

6.    Contoh Bentuk-bentuk Promosi

a.    Kata Promo

Gunakan kata-kata promo atau kata-kata yang menakjubkan, mudah, menggugah, lucu, eksklusif, asli, spesial yang menarik konsumen

b.    Cashback

Cashback adalah penawaran yang memungkinkan konsumen untuk memperoleh pengembalian uang tunai dengan persentase tertentu dan telah memenuhi syarat-syarat tertentu.

c.    Diskon

Diskon atau potongan harga adalah benefit yang bisa diperoleh konsumen ketika mereka melakukan pembelanjaan produk berupa pengurangan harga dengan persentase tertentu.

d.    Flash Sale

Flash sale atau penjualan kilat pada dasarnya hampir sama seperti diskon, hanya saja barang yang dijual biasanya tidak banyak dan tersedia dalam waktu yang sangat singkat.

e.    Buy 1 Get 1 Free

Bisa dikatakan promo ini adalah nama lain diskon, namun dengan syarat. Beli 1 gratis 1 sama saja seperti membeli produk yang mendapat diskon 50%, karena yang sebenarnya terjadi adalah konsumen “dipaksa” untuk membeli dua produk.

f.     Gift Box

Gift box adalah hadiah yang sengaja disediakan oleh suatu brand untuk konsumen yang membeli produk mereka

g.    Poin Rewards

Konsumen yang loyal menggunakan produk berhak mendapatkan penawaran khusus.

h.    Voucher

membagikan kupon promo kepada konsumen, hampir sama dengan gift box

i.      Garansi

Memberikan jaminan terhadap produk mulai layanan, keaslian, kualitas, hingga harga yang bersaing

Serta masih banyak bentuk-bentuk lainnya seperti Sample Produk, Tester Produk, Giveaway, Harga Grosir dan lain sebagainya

 

Buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK Kelas XII, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2019
https://cashbac.com/blog/pengertian-promosi-tujuan-jenis-contoh
https://www.xendit.co/id/blog/5-contoh-promosi-produk-yang-bisa-diterapkan-di-bisnis-online
https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-promosi