Beranda

Senin, 11 Januari 2021

Strategi Pemasaran Produk

1.       Pengertian Strategi Pemasaran

Strataegi pemasaran dipakai sebagai dasar tindakan yang mengarah pada kegiatan atau usaha pemasaran dari suatu organisasi usaha dalam kondisi persaingan dan lingkungan yang selalu berubah agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Jadi dalam membuat strategi pemasaran yang harus dijalankan wirausaha harus terlebih dahulu melihat situasi dan kondisi serta posisi usaha di pasar agar dapat ditentukan kegiatan pemasaran yang dapat dilaksanakan.

Strategi pemasaran adalah suatu pola aktivitas berupa perencanaan pemasaran, pengerahan sumber daya, serta interaksi dengan pasar, pesaing, konsumen dan lain sebagainya demi diperolehnya lab/keuntungan dan tercapainya kesuksesan usaha.

Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

a.       David Arker

menyatakan bahwa strategi pemasaran merupakan proses yang diawali dengan memindai lingkungan bisnis baik internal maupun eksternal dengan tujuan agar bisa memahami banyak aspek dari lingkungan eksternal sehingga bisa bersaing dengan pesaing usahanya.

b.      Christian Hamburg

Strategi pemasaran adalah upaya dalam jangka pendek serta jangka panjang di bidang pemasaran yang berkaitan dengan analisis situasi awal strategi usaha berupa perumusan, evaluasi dan pemilihan strategi sesuai tujuan usaha

c.       Philip Kotler

Menurut Philip Kotler, pengertian strategi pemasaran adalah suatu mindset pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran, dimana di dalamnya terdapat strategi rinci mengenai pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran, dan budget untuk pemasaran.

d.      Paul dan Guiltinan

Mendefiniskan strategi pemasaran sebagai sebuah pola pikir yang dipakai untuk pengembangan suatu usaha

e.      Michael Baker

Menyatakan bahwa strategi pemasaran adalah sebagai tujuan dasar dalam upaya peningkatan angka penjualan serta memperoleh keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

f.        Hausman dan Associates

Menyatakan bahwa strategi pemasaran adalah sebuah desain pemasaran jangka panjang dalam rangka meningkatkan angka penjualan dengan memberikan kepuasan pelanggan.

g.       Tjiptono

Menurut Tjiptono, pengertian strategi pemasaran adalah alat fundamental yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan daya saing yang berkesinambungan melewati pasar yang dimasuki, dan progam pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar target tersebut.

h.      Kurtz

Menurut Kurtz (2008), pengertian strategi pemasaran adalah keseluruhan program perusahaan dalam menentukan target pasar dan memuaskan konsumen dengan membangun kombinasi elemen dari marketing mix; produk, distribusi, promosi, dan harga.

i.         Stanton

Menurut Stanton, pengertian strategi pemasaran adalah sesuatu yang melingkupi semua sistem yang memiliki hubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga hingga mempromosikan dan menyalurkan produk (barang atau jasa) yang dapat memuaskan konsumen.

2.       Tujuan Strategi Pemasaran

Tujuan strategi pemasaran adalah untuk

a.       Peningkatan kualitas koordinasi dalam tim pemasaran, hal ini dilakukan agar setiap anggota tim dapat bekerjasama dengan baik, efektif dan efisien.

b.      Mengukur hasil pemasaran berdasarkan standard prestasi yang berlaku, tanpa adanya pembukuan yang jelas maka perusahaan tidak bisa mengukur nilai penjualan apakah naik atau turun.

c.       Memberikan dasar yang logis dalam setiap pengambilan keputusan, dengan data hasil penjualan maka perusahaan dapat menetapkan strategi yang akan ditetapkan. Apakah akan menambah atau mengurangi produksi, atau keputusan strategis lain.

d.      Meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi jika ada perubahan-perubahan dalam pemasaran. Karena dunia pasar sangat dinamis, karena itulah perlu dibentuk strategi marketing yang tepat dengan integrasi terhadap divisi perushaan yang lain.

3.       Fungsi Strategi Pemasaran

a.       Menambah Motivasi untuk Menatap Masa Depan

Strategi pemasaran berusaha untuk meningkatkan motivasi manajemen perusahaan agar berpikir dan melihat masa depan dengan cara yang kreatif. Tujuannya adalah untuk menjaga kelangsungan perusahaan di masa mendatang. Penting bagi perusahaan untuk mengikuti ritme pasar, namun terkadang perusahaan juga harus memiliki gebrakan dengan sesuatu yang baru.

b.      Mengkoordinasikan Pemasaran yang Lebih Efektif

Masing-masing perusahaan tentu memiliki strategi pemasaran berbeda dan memiliki keunikannya sendiri. Strategi pemasaran ini berfungsi untuk mengatur road map perusahaan sehingga membentuk tim koordinasi yang lebih efektif dan tepat sasaran.

c.       Merumuskan Tujuan Perusahaan

Para pebisnis tentunya ingin melihat dengan jelas apa tujuan perusahaan mereka. Dengan adanya strategi pemasaran maka pelaku usaha akan terbantu untuk membuat detail tujuan yang akan dicapai, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

d.      Kontrol Kegiatan Pemasaran

Dengan adanya strategi pemasaran maka perusahaan akan memiliki standar prestasi kerja anggota tim. Dengan begitu, pengawasan terhadap kegiatan para anggota tim akan lebih mudah diawasi untuk mendapatkan mutu dan kualitas kerja yang lebih efektif.

 

Buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan Tingkat XII Penerbit Andi Yogyakarta

https://ekonomimanajemen.com/strategi-pemasaran/

https://www.harmony.co.id/blog/pengertian-strategi-pemasaran-dan-cara-memaksimalkannya