Beranda

Minggu, 08 November 2020

Media Promosi

Media promosi adalah sarana yang digunakan untuk menunjang kegiatan promosi atau pengenalan produk maupun jasa kepada masyarakat luas.

Pembagian jenis media promosi menurut perangkat yang digunakan adalah :

1.        Promosi secara fisik 

Promosi yang diadakan dalam lingkungan fisik, biasanya dilakukan pada acara-acara tertentu atau event-event khusus yang diadakan di suatu tempat seperti pameran, bazar, festival, konser, dan semacamnya. Biasanya dengan membuka semacam “stand” atau “booth” untuk menampilkan dan menawarkan produk atau jasa.

Kelebihan jenis promosi secara fisik adalah menjangkau langsung para calon konsumen, mereka dapat secara langsung melihat produk atau jasa yang ditawarkan

Kekurangan cara promosi secara fisik adalah sangat terbatasnya jumlah calon konsumen karena hanya diadakan di lingkungan atau area tertentu

2.        Promosi melalui media tradisional

Yang dimaksud media promosi dengan menggunakan media tradisional yaitu :

§  media cetak (koran, majalah, tabloid, dan sejenisnya)

§  media elektronik (radio, televisi)

§  media luar ruangan (banner, baliho, billboard dan lainnya)

Kelebihan jenis promosi melalui media tradisional adalah dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen daripada dengan promosi secara fisik, karena jangkauan media yang memang cukup luas.

Kekurangan cara promosi melalui media tradisional adalah membutuhkan biaya yang sangat besar, karena melibatkan media-media besar seperti televisi, penyedia papan billboard, dan lain sebagainya.

3.        Promosi melalui media digital

Jenis promosi melalui media digital mencakup media internet dan sosial media atau jejaring sosial.

Kelebihan promosi menggunakan media digital adalah dapat menjangkau orang secara sangat luas dengan waktu dan biaya yang efisien.

Kekurangannya berpromosi dengan media digital adalah banyak sekali kompetitor atau pesaing yang ikut bermain didalamnya.

Dari beberapa jenis promosi diatas, promosi melalui media digital adalah yang paling banyak dilakukan saat ini, karena faktor efisiensi biaya dan penyebarannya yang luas dan relatif lebih cepat.

Jenis-jenis media promosi antara lain sebagai berikut;

1.    Brosur

Brosur adalah terbitan tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit, tidak menggunakan jilid keras.

Kelebihan : Informasi yang diberikan spesifik, langsung ditujukkan pada personal, biaya murah, daya rangsang bisa kuat dan bisa bisa rrendah tergantung daya tarik visual yang ditampilkan.

Kekurangan : Cenderung diabaikan jika isi tidak menarik atau tidak berhubungan dengan kebutuhan, ruang pesan ditentukan oleh kemampuan biaya.

2.    Katalog

Katalog merupakan terbitan yang memuat informasi lengkap seputar spesifikasi produk, gambar produk, kelebihan dan keunggulan produk, juga harga produk tersebut.Terkadang disertai juga dengan info diskon.

Kelebihan: Bisa dibaca dalam waktu lama, menginformasikan semua yang dikomunikasikan, menarik dan praktis, pembaca bisa santai dalam membaca informasi, bisa dibaca dimana-mana tanpa mengenal tempat dan waktu.

Kelemahan : Informasi yang disampaikan sangat banyak sehingga memberi kesan tebal, dan tidak semua terbaca.

3.    Pamflet

Pamflet adalah semacam booklet (buku kecil) yang tak berjilid, biasanya dalam bentuk lipatan. Jika pamflet dalam empat bagian disebut dengan leaflet.

Pada umumnya, pamflet dicetak dengan kualitas baik sebab untuk membangun citra yang baik terhadap layanan atau produk yang diinformasikan dalam pamphlet tersebut.

Kelebihan :Mudah untuk di buat, Waktu pembuatan singkat, Biaya pembuatan murah, jangkauan sangat luas, mudah untuk mengajak banyak orang untuk berpartisipasi, mudah dibawa, variasi pamflet beragam.

Kekurangan : Dibutuhkan ketelitian dan ketepatan dalam melakukan desain pamflet.

4.    Booklet

Booklet merupakan media komunikasi massa yang bertujuan untuk menyampaikan pesan yang bersifat promosi, anjuran, larangan-larangan kepada khalayak massa dan berbentuk cetakan bertujuan agar masyarakat memahami dan menuruti pesan yang terkandung..

Kelebihan : Biaya yang dikeluarkan lebih murah, proses sampai kepada masyarakat bisa dilakukan sewaktu-waktu dan disesuaikan dengan kondisi yang ada, Isi lebih terperinci dan jelas.

Kelemahan : Tidak bisa menyebar ke seluruh masyarakat, karena keterbatasan. Proses penyampaiannya tidak langsung sehingga umpan balik dari obyek kepada penyampai tertunda, memerlukan banyak tenaga dalam penyebarannya.

5.    Spanduk

Spanduk adalah sebuah kain rentang yang berisi propaganda, slogan atau juga berita yang juga perlu diketahui oleh umum

Media pembuatan spanduk kini tidak terbatas pada kain tetapi dapat juga menggunakan bahan-bahan yang lebih baik dan dapat tahan lama.

Kelebihan : Mudah terbaca oleh masyarakat, pesan bersifat permanen, tahan lama dan dapat dilihat dari jarak jauh.

Kekurangan : Dibutuhkan kemampuan imajinasi pembaca untuk menikmati dan memahaminya, membutuhkan proses penyusunan dan penyebaran yang kompleks dan lama, bahan yang digunakan mudah rusak.

6.    Banner dan Poster

Banner adalah salah satu media promosi yang dicetak dengan Print Digital yang umumnya berbentuk Potrait atau Vertikal. Banner adalah bentuk penyederhanaan dari Baliho. Banner memiliki banyak jenis seperti x banner, roll up banner, dan hanging tripod banner. Ukuran yang ditawarkan memiliki ragam sesuai dengan kebutuhan.

Poster dibuat sebagai media promosi dengan memadukan antara gambar dan tulisan yang memuat informasi produk yang ditawarkan.

Kelebihan : Informasi yang ditampilkan menarik, praktis, mudah dilihat orang, biaya murah, alat branding yang baik, daya jangkau dan raihan cukup luas.

Kekurangan : Daya rangsang rendah, informasi terbatas, keamanan kurang terjamin, segementasi kurang tercapai.

7.    Billboard atau Papan Reklame

Billboard atau sering disebut dengan papan reklame adalah bentuk promosi iklan luar ruang dengan ukuran besar. Dapat dikatakan pula billboard adalah bentuk poster dengan ukuran yang lebih besar yang diletakkan di tempat tertentu yang ramai dilalui orang.

Di Indonesia, billboard punya definisi sendiri. Yaitu reklame yang berbentuk bidang dengan bahan terbuat dari kayu, logam, fiberglas, kain, kaca, plastik, dan sebagainya yang pemasangannya berdiri sendiri, menempel bangunan dengan konstruksi tetap, dan reklame tersebut bersifat permanen.

Reklame dalam suatu pengertian yang luas merupakan suatu kegiatan untuk mengajak seseorang atau kelompok orang mengikuti isi reklame tersebut.

Reklame memiliki dua sifat, pertama reklame bersifat komersial yaitu suatu reklame yang digunakan untuk memperoleh keuntungan dan reklame bersifat sosial yaitu suatu reklame yang semata-mata tidak bertujuan untuk mendapatkan keuntungan material

Pada era digital saat ini, billboard atau reklame pun menggunakan teknologi baru sehingga muncullah digital billboard. Contohnya digital billboard Megatron, Videotron, Neonbox.

Kelebihan : Daya jangkau cukup besar dan daya rangsang cukup tinggi, memiliki fleksibilitas pengembangan kreatifitas.

Kekurangan : Biaya produksi, perawatan, perizinan dan pajak tinggi, posisi harus benar-benar strategis

8.    Baliho

Baliho adalah suatu sarana atau media berpromosi yang mempunyai unsur memberitakan informasi event atau kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat luas, selain itu baliho juga digunakan untuk mengiklankan suatu produk baru. Baliho banyak digunakan untuk promosi jangka pendekmatau bersifat insidental.

Kelebihan : Mengusai pasar lokal, mudah dikenali, lokasi fleksibel, pembentukan brand awarness, sifat kompetitif.

Kekurangan : Target kurang efektif, informasi kurang memiliki daya rangsang, mudah dilupakan

9.    Koran/Surat Kabar

Merupakan media cetak yang terbit setiap hari secara teratur, tulisannya dalam bentuk berita, artikel, feature, tajuk dll..

Kelebihan : fleksibilitas, ketepatan waktu, coverage lokal dan nasional, penerimaan luas, dapat dipercaya, informasi lengkap dan selalu actual, mudah dan cepat menjangkau masyarakat.

Kekurangan : Informasi relatif singkat, penyajian kurang menarik, kemampuan menarik perhatian rendah, audience terbatas..

10.  Majalah

Majalah adalah media yang digunakan untuk menghasilkan gagasan feature dan publisitas bergambar untuk bahan referensi di masa mendatang. Majalah biasanya terbit seminggu sekali.

Kelebihan : Seleksi segmen lebih akurat, kualitas gambar dan cetakan baik, informasi berumur panjang, penerusan informasi cukup baik, isi dan informasi tinggi.

Kekurangan : Harga beli tinggi, tenggang pemuatan lama, tidak ada jaminan posisi pemuatan, hanya visual, tidak fleksibel.

11. Televisi

Televisi (TV) adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Televisi sebagai media promosi biasanya dalam bentuk iklan yang ditampilkan saat jeda sebuah program yang sedang ditayangkan.

Kelebihan : Kombinasi audio, visual dan gerak, jangkauan luas, perhatian tinggi, prestise tinggu dalam membentuk citra, sifat demonstratif

Kekurangan Biaya yang dibutuhkan mahal, pemirsa suka menghindari iklan, segmentasi kompleks kurang bisa menyeleksi audience, harus sering ditayangkan.

12. Radio

Radio merupakan sebuah teknologi komunikasi dengan cara mengirimkan sinyal melalui gelombang elektromagnetik. Radio juga termasuk media promosi yang efektif. Iklan bisa dalam bentuk rekaman atau disampaikan oleh penyiar setiap saat.

Kelebihan : Banyak pendengar, seleksi demografis dan geografis, jangkauan wilayah luas, dipercaya, biaya relatif murah, frekuensi paparan tinggi, fleksibel, dapat diterima dan di dengar di areal tanpa listrik.

Kekurangan : Hanya audio tidak dapat menampilkan gambar, sulit untuk menyampaikan informasi yang kompleks, pemaparan cepat, mudah lupa

13. Internet/Handphone

Internet merupakan jaringan terluas dalam sistem teknologi informasi yang memungkinkan perangkat di seluruh dunia untuk saling terhubung

Hadirnya berbagai media sosial yang didukung dengan kekuatan internet mempermudah melakukan promosi. Promosi melalui media online dapat dilakukan dengan menggunakan facebook, Instagram, whatsapp, youtube, twitter, blog, dan sebagainya.

Penggunaan internet sebagai media promosi memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan media lainnya.

Keunggulan : peer to peer, personal target, akurat, pengukuran mudah, visual dinamis, biaya rendah, dapat disimpan, dapat diakses dimana saja dan kapan saja, jangkauan lebih luas dan tidak terbatas.

Kekurangan : masih dalam proses edukasi pasar, infrastruktur data terbatas, kemampuan perangkat berbeda-beda .

Di atas adalah jenis-jenis media promosi yang banyak dijumpai atau ditemui dalam lingkungan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, dan masih banyak jenis media promosi yang digunakan.

Buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK Kelas XII, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2019
https://cashbac.com/
https://marioandi.blogspot.com/
https://uprint.id/blog/
https://kelasdesain.com/
https://www.jualvideotron.com/
https://pembelajar.net/