Beranda

Minggu, 21 Februari 2021

Permasalahan dan Solusi Pengembangan Usaha

 1.      Permasalahan dalam Pengembanagan Usaha

Berikut adalah permasalahan yang sering timbul dalam pengembangan usaha :

a.       Faktor kurangnya modal

Permodalan merupakan faktor utama yang diperlukan untuk mengembngkan suatu usaha.

b.      Kesulitan dalam memasarkan produk

Kesulitan dalam memasarkan produk berakibat kelebihan stock atau over produk.

c.       Persaingan usaha yang ketat

Persaingan jika tidak diantisipasi maka akan kalah bersaiang dan gagal produk.

d.      Kesulitan bahan baku

Jika kekurangan atau tidak ada bahan baku maka produksi tidak dapat berjalan, tidak dapat melakukan kegiatan usaha

e.       Kurangnya keahlian teknis atau tenaga ahli

Keahlian teknis diperlukan untuk membuat produk yang diinginkan oleh pasar

 

2.      Solusi Pengembanagan Usaha

Berikut beberapa solusi yang dapat mengatasi permasalahan dalam pengembanagan usaha :

a.       Modal

Modal tidak hanya didapat dari modal dari dalam/mandiri tapi dapat juga diperoleh dari pinjaman, hibah, kerjasama dan lain sebagainya.

b.      Pemasaran

Dengan membuat saluran pemasaran yang luas. membuat jaringan usaha, jika memungkinkan usaha tidak hanya di dalam negeri tetapi juga ke luar negeri.

c.       Persaingan

Dengan membuat strategi usaha yang jitu, menerapkan strategi penjualan misalnya dengan diversifikasi produk, menemukan produk baru dan lain sebagainya

d.      Bahan baku

Dengan memilih lokasi yang strategis dalam usahanya, lokasi usaha mempertimbangkan kemudahan dalam memperoleh bahan baku.

e.       Tenaga teknis atau tenaga ahli

Dengan melakukan seleksi yang ketat, mempekerjakan tenaga kerja yang sesuai dengan bidang usahanya.

 

3.      Langkah-langkah dalam pengembangan usaha

Berikut langkah-langkah pengembangan usaha secara maksimal yang harus dimiliki seorang wirausahawan :

a.       Fokus pada satu produk/jasa

Pasarkan, promosikan, dan jual, satu produk/jasa dengan baik. Hal ini lebih menguntungkan dan mengurangi resiko kerugian, meskipun ada hasrat untuk usaha dengan multiproduk.

b.      Kembangkan lini produk dengan melengkapi lini produk/jasa yang sudah ada

Pada saat produk terbukti laku di pasar. Ambil peluang dari produk yang relevan untuk mendiversifikasi lini produk. Hal ini tidak saja memberikan varisasi produk tapi akan lebih menarik pembeli.

c.       Carilah cara untuk meningkatkan penjualan

Berikan personal selling yang ramah dan sopan kepada pelanggan atau pun konsumen baru.

d.      Pekerjakan pegawai tetap (fulltime) dan pegawai lepas/keluarga (freelance)

Hal ini tidak hanya meringankan cashflow dengan menyesuaikan biaya sesuai pekerjaan yang ada namun juga dapat menggunakan tenaga kerja yang kompeten yang tidak sanggup dibayar secara fulltime

e.       Buat website untuk mengiklankan produk

f.       Join dengan pemilik usaha lain

Berpartner dengan usaha lain yang masih related untuk mempromosikan produk merupakan teknik marketing yang termurah dan termudah

g.      Mulai pasarkan produk ke pasar yang lain

h.      Cari cara baru dan berbeda untuk memasarkan produk

Gunakan teknologi informasi yang berkembang dari website sampai dengan media sosial, serta jadilah pembicara dalam suatu event, instansi atau komunitas.

i.        Kembangkan ke lokasi lain.

Buat kantor baru dengan mendirikan kantor atau menyewa kantor di lokasi pusat bisnis

j.        Jadilah pemimpin yang bijak dan cerdas

Menjadi seorang wirausaha adalah pemimpin pertama yang menentukan sukses dan gagalnya suatu usaha, oleh karena itu seorang wirausahawan harus mampu menciptakan solusi jitu dalam kegiatan usaha dengan segala rintangannya..

 

Buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK XII, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2019